jaman sekarang motor yang di produksi terbanyak di indonesia ini adalah motor matic adapun beberapa jenis motor metic kususnya di indonesia seperti vario,beat,mio,nex, dan masih banyak lagi .
tapi taukah anda sistem metic itu seperti apa?
saya punya ilmu sedikit yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.
Sistem v-matic adalah mekanisme otomatis yang mengubah perbandingan gigi tanpa langkah-langkah dan mengubah daya mesin ke dalam daya dorong optimal tanpa kejutan perbandingan gigi, ini memungkinkan untuk membangkitkan daya dorong yang sesuai dengan keadaan pengendara, mulai berjalan,akselerasi,menjelajah dan memakai daya mesin dengan lebih efektif.
daya mesin diturunkan dari cranksaft ke drif puly dan kemudian ke drif pulley melalui v-belt perbandingan gigi berubah sewaktu jari-jari kontak antara kedua pulley ini dan drif belt berubah. kopling sentripugal otomatis bersatu dengan driven pulley. sewaktu putaran driven naik kopling secara otomatis mengubah drif shaft ( poros pengerak ) sehingga dapat diteruskan ke roda belakang melalui reduksi akir.
ada beberapa jenis komponen yang ada dalam CVT sebagai berikut;
ini untuk bagian yang depan ( drive pulley )
- slide piece
- roller
- movebel drift face
- movabel drift face boss
- drift face
ini untuk bagian belakang (driven pulley )
- needle bearing
- snap ring
- ball bearing
- driven face
- roller guide pin
- guide roller
- oil seal
- movebel driven face
- O-ring
- seal collar
nah ini saja yang bisa saya infokan sob moga bermanfaat bagi pemirsa pembaca jika kalian pengen lebih tau jelas bagai mana cara kerjanya datang aja ke bengkel resmi sob
Tidak ada komentar:
Posting Komentar